Ticker

6/recent/ticker-posts

Luar Biasa! UNS Jadi Pusat Perhatian di Roadshow Baluran to Campus!

JagadMedia - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi pusat perhatian dalam kegiatan Roadshow Baluran to Campus yang digelar secara hybrid di Aula Gedung Sekolah Pascasarjana UNS dan melalui Zoom Cloud Meeting pada Kamis (11/7/2024). Acara ini diprakarsai oleh Balai Taman Nasional Baluran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI) dengan tujuan memperkenalkan berbagai aspek penting terkait konservasi alam, seperti satwa liar, lanskap, tipe ekosistem, inovasi teknologi pengelolaan kawasan, potensi flora, potensi bioprospeksi, dan sosial budaya masyarakat sekitar.

Roadshow Baluran to Campus di UNS Surakarta merupakan puncak dari rangkaian Roadshow Taman Nasional Baluran yang dilaksanakan di berbagai universitas terkemuka di Indonesia. Acara ini menghadirkan pembicara utama seperti Direktur Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian LHK, Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut, M.Agr.Sc., serta berbagai peneliti berpengalaman yang memiliki keahlian dalam riset di Taman Nasional Baluran.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan potensi dan peluang kerja sama yang ada di Taman Nasional Baluran kepada sivitas akademika UNS. Sebagai kawasan konservasi yang memiliki misi melindungi dan melestarikan sumber daya alam dan ekosistem, Taman Nasional Baluran menyajikan berbagai peluang besar bagi akademisi dan peneliti untuk berkontribusi dalam pengelolaan kawasan konservasi tersebut.

Sebagai salah satu taman nasional tertua di Indonesia, Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi yang kaya akan ekosistem asli dan sumber daya hayati. Kekayaan ini perlu didukung oleh berbagai riset agar program dan upaya preservasi serta konservasi sumber daya alam bisa berhasil dengan efektif.

Taman Nasional Baluran memiliki kekayaan sumber daya hayati dengan 15 tipe ekosistem, berbagai jenis satwa liar, dan ribuan spesies tumbuhan. Potensi bioprospeksi yang masih menyimpan misteri ini membutuhkan upaya riset dan penelitian agar bisa dioptimalkan untuk kemajuan bangsa dan kemaslahatan masyarakat.

UNS memiliki sumber daya manusia yang unggul dan sarana prasarana yang lengkap, sehingga bisa berkontribusi dalam riset yang bermanfaat. Program Studi Ilmu Lingkungan dari jenjang S-1 hingga S-3 dan Program Studi S-1 Kehutanan di UNS memerlukan wadah untuk pembelajaran dan penelitian. Sivitas akademika UNS dalam keilmuan terkait dapat mengeksplorasi pengelolaan sumber daya alam Indonesia untuk kepentingan ilmiah dan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

Pada kesempatan ini, Program Studi Ilmu Lingkungan dan Fakultas Pertanian (FP) UNS juga sepakat melakukan deklarasi kerja sama dengan Balai Taman Nasional Baluran dalam pengembangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Deklarasi ini turut menyepakati riset pengembangan dan pengabdian dalam konservasi sumber daya alam. Penandatanganan deklarasi kerja sama ini disaksikan oleh Dirjen KSDAE dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T.

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan potensi besar Taman Nasional Baluran dapat dimaksimalkan melalui kerja sama dengan UNS, sehingga memberikan kontribusi nyata dalam bidang konservasi sumber daya alam dan ekosistem di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar